Sabtu, 16 Oktober 2010

skripsi q...

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBERIAN KREDIT BERDASARKAN KONSEP 7 P (Personality,Party,Perpose,Prospect,Payment,Profitability,Protection)

ABSTRAK

Salah satu kegiatan utama koperasi adalah simpan pinjam,penyaluran kredit kepada masyarakat. Dalam kegiatan pemberian kredit ini koperasi dihadapkan pada resiko yang cukup besar yaitu tidak kembalinya dana yang dipinjamkan kepada debitur atau disebut kredit macet. Oleh karena itu untuk meminimalisasi kredit macet, koperasi terlebih dahulu harus melakukan studi kelayakan kredit.
Dalam perancangan ini dilakukan beberapa langkah yaitu pengumpulan data-data nasabah,dan perancangan sistem informasi tentang pemberian kredit sesuai dengan analisa 7P kredit,Diharapkan dari sistem informasi ini dapat mengetahui /pemberian kredit sesuai dengan kemampuan nasabah dan lebih cepat memtuskan kebijakan harga.
Adapun metode yang digunakan adalah pembobotan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mengetahui seberapa besar nilai tiap kriteria, Apabila hasil analisa memenuhi maka akan dihasilkan keputusan pemberian kredit. kemudian dapat diketahui layak atau tidaknya mendapat kredit. Jika layak, kemudian dilakukan perhitungan kemampuan kredit yang meliputi jumlah kredit yang dapat diberikan berikut dengan besar angsuran yang harus dibayar selama periode kredit yang telah ditentukan. Kemudian dilakukan analisa 7P kredit untuk mendukung kelayakan pemberian kredit. Dari metode tersebut kemudian dirancang sistem informasi analisa kredit dengan software Acces untuk data base dan visual basic.
Dari hasil penelitian di dapatkan nilai bobot dari setiap kriteria yaitu Personality(30,1%),sub kreteria personality (Keterbukaan, Jujur, Berkemauan keras, Tanggung jawab, Bermoral baik, Tekun, Dapat dipercaya, Sabar, Gaya hidup hemat, Keluarga baik-baik, Tidak memiliki kegemaran yang negatif, Hubungan dengan lingkungan sosial baik), Party(15,3%), Perpose(11,3%), Prospect (11,5%), Payment(12,9%),sub kreteria payment (adanya tempat untuk usaha, adanya fasilitas dimiliki, adanya modal dari pihak lain), Profitability(12,2 %), Protection(6,7%) sub kreteria Protection (Nilai jaminan melebihi jumlah kredit yang diberikan, Jaminan masih berlaku sampai periode 2,5 bulan berikutnya setelah periode pembayaran kredit, Jaminan diakui keabsahannya, Apabila nilai jaminan kurang dari jumlah kredit maka bisa digunakan jaminan yang lain). Untuk system informasinya Input : Bobot 7P dari pesaing koperasi Yudhistira, Nama nasabah, Alamat nasabah, Usaha nasabah, Telp / Hp nasabah, Kuisoner 7P kepada nasabah, Data pengajuan kredit, Proses :Analisa 7P kredit, Output : Di setujui dan tidak disetujui, Keputusan kredit, Kemampuan kredit, Angsuran


Kata kunci : Pemberian Kredit,Analisa 7P kredit,Sistem informasi manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar